Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Lapas Kerobokan Jalani Tes Narkoba

Kompas.com - 11/01/2013, 12:48 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan termasuk Kepala Lapas Kerobokan Gusti Ngurah Wiratna, Jumat (11/1/2012) pagi, menjalani tes narkoba.

Berbeda dengan tes narkoba pada umumnya yang menggunakan sampel urine, tes narkoba di Lapas Kerobokan menggunakan alat canggih Agilent Tecnology GC System dengan mengambil sampel rambut. Alat ini memiliki kelebihan mampu mendeteksi segala macam obat termasuk narkoba yang masuk ke tubuh dalam  3-6 bulan terakhir.

Tes narkoba ini adalah permulaan untuk memberantas segala penyalahgunaan narkoba di dalam lapas. "Akan didahulukan petugas sebagai contoh, selanjutnya kita akan ambil sampel dari napi," ujar Gusti Ngurah Wiratna seusai melakukan tes narkoba.

Sejauh ini belum ditemukan petugas yang positif menggunakan narkoba. Namun, menurut Wiratna, tes ini tidak berhenti di sini dan akan dilakukan secara berkala. Petugas yang terbukti positif menggunakan narkoba akan dijatuhi sanksi administratif hingga yang terberat dikenakan hukum pidana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com