Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar Mabuk Tepergok Mencuri Burung

Kompas.com - 10/01/2013, 22:53 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Seorang pelajar terpaksa berurusan dengan polisi karena tertangkap warga mencuri seekor burung milik warga di Kampung Punggawan, Banjarsari, Solo, Kamis (10/1/2013). Pelajar yang berinisial RP (17) tersebut ternyata diketahui membolos sekolah karena saat mencuri masih mengenakan seragam sekolah.

RP tercatat sebagai siswa di salah satu sekolah swasta di Solo. RP juga sudah pernah dipenjara selama dua bulan karena mencuri sepeda motor pada tahun 2011 lalu. Sementara itu, RP juga diketahui mencuri burung dalam keadaan mabuk.

Kanitresarkrim Polsek Banjarsari, AKP Edi Hartono, menjelaskan, seorang saksi mata bernama Widodo (28) melihat pelaku berboncengan dengan seseorang, lalu berhenti di sebuah rumah di Jalan Hasanuddin, Punggawan. RP segera turun dan masuk ke rumah hendak mengambil burung yang tergantung di teras.

Namun, saksi langsung meneriaki maling dan mengejar RP. Rekan RP bisa kabur, sedangkan RP menjadi bulan-bulanan warga. "Menurut keterangan saksi, dirinya melihat RP masuk ke rumah dan mencoba mencuri burung yang berada di teras rumah, lalu diteriaki maling. Pelaku yang lain kabur, sedangkan RP berhasil diamankan warga dan diserahkan ke polsek," beber Edi, Kamis (10/1/2013).

Edi menambahkan, meskipun pelaku masih di bawah umur, proses penyelidikan terus berjalan. Hanya, petugas akan tetap memperlakukan RP sebagai pelajar, apalagi saat mengadapi ujian nanti.

Dari penyelidikan, RP, yang masih terpengaruh alkohol, mengatakan nekat mencuri karena butuh tambahan uang saku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com