Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pilgub, Soekarwo Galang Koalisi

Kompas.com - 07/01/2013, 15:39 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menggelar safari politik ke sejumlah partai, Senin (7/1/2013). Safari kali ini khusus untuk mengomunikasikan pencalonannya dalam Pilgub Jatim Agustus mendatang.

Soekarwo mendatangi dua kantor partai yakni Kantor DPD Partai Hanura di Jalan Embong Kenongo, dan dan kantor DPD Partai Golkar di Jalan Ahmad Yani. Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu didampingi sejumlah pengurus DPD lainnya seperti Sekretaris Demokrat Jatim, Bonie Laksmana, dan Ketua Bapilu Demokrat Jatim, Dedy Priyambudi.

Safari kali ini tidak hanya dalam rangka menggalang dukungan, namun lebih sebagai upaya membangun komunikasi politik yang baik kepada semua partai menghadapi Pilgub Jatim. ''Meski sebenarnya saya bisa maju sendiri, karena kursi Demokrat di DPRD Jatim ada 22, tapi demi stabilitas politik di Jatim, saya akan berupaya untuk koalisi,'' kata Soekarwo.

Dalam kunjungan itu, Soekarwo atas nama Ketua Partai Demokrat Jatim, membawa surat permohonan resmi untuk mengajak koalisi partai Hanura dan Golkar. ''Surat ini akan dikirim resmi ke kantor DPP Partai Hanura untuk meminta pertimbangan,'' kata Ketua DPD Partai Hanura Jatim, Kuswanto.

Selain ke kantor Partai Hanura dan Golkar, Soekarwo dijadwalkan juga akan mendatangi kantor DPD partai lainnya seperti PKS, PKNU, dan Gerindra. Soekarwo dipastikan akan maju untuk kedua kalinya menjadi Gubernur Jatim pada Pilgub Agustus mendatang. Namun dia belum memastikan siapa yang akan mendampinginya.

Kabar yang senter terdengar, Soekarwo akan tetap menggandengan wakilnya saat ini, yakni Saifullah Yusuf. Dia dianggap sebagai representasi kalangan NU yang secara sosial politik menguasai suara di Jatim. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com