Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Lulus SMP, Rina Dicoret dari Daftar Penerima PKH

Kompas.com - 02/01/2013, 11:11 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com — Rina, yang termasuk golongan rumah tangga sangat miskin (RTSM) dari Desa Balungwatun, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, dicoret dari daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Ia dicoret dalam pembayaran PKH tahap IV karena statusnya menjadi non eligible atau sudah tidak  memiliki beban tanggungan yang masuk kriteria PKH.

Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Lamongan Imam Trisno Edy, Rabu (2/1/2013), menjelaskan, Rina dicoret karena anaknya, Achmad Abdul Rahman, sudah lulus dari SMPN 1 Sukodadi pada Juli 2012. PKH merupakan program bantuan bersyarat dan tidak semua RTSM bisa menjadi peserta.

PKH menjamin pendidikan anak dari keluarga miskin hingga lulus pendidikan setara SMP. "Ketika anak dari peserta sudah lulus SMP, secara otomatis dia sudah tidak memenuhi kriteria sebagai peserta PKH," papar Imam.

Peserta PKH juga terus diverifikasi dalam tiap tahapan pembayaran. Jumlah peserta ataupun nominal yang dibayarkan bisa selalu berbeda dalam tiap tahapan pembayaran dana PKH.

Alokasi pada pembayaran PKH tahap IV mencapai 25.375 RTSM peserta dengan nominal Rp 5,692 miliar. Pada tahap III tercatat 27.453 RTSM peserta PKH dengan dana mencapai Rp 6,267 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com