Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Juga Ikut Menjaga Gereja di Yogyakarta

Kompas.com - 23/12/2012, 16:16 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang H-2 perayaan misa Natal 2012, pasukan Gultor Batalyon 400 Raider melakukan geladi pasukan pengamanan perayaan Natal di Gereja Katolik Keluarga Hati Kudus Banteng, Jalan Kaliurang Km 7,5, Minggu (23/12) siang pukul 13.00 WIB. Pasukan bersenjata lengkap ditambah satu Panser Kikavser 2 dari Batalyon Invantri 403 Demakijo turut serta dalam geladi bersih pasukan pengamanan Natal.

Komandan Korem 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI Adi Widjaja mengatakan, geladi pasukan dilakukan untuk mempersiapakan pasukan dalam mendukung tugas polisi mengamankan perayaan Natal.

"Pengamanan ini bertujuan untuk membantu dan mendukung Polri dalam Operasi Lilin 2012. Intinya menjaga wilayah tetap kondusif sekaligus ciptakan situasi agar masyarakat merasa nyaman dan aman saat merayakan Natal," ujarnya saat ditemui seusai memimpin geladi pasukan di Gereja Banteng.

Brigjen TNI Adi Widjaja menjelaskan, pasukan akan ditempatkan di semua gereja di wilayah kota Yogyakarta. Ia menambahkan, pengamanan ini sudah menjadi tugas TNI untuk menjaga keamanan wilayah.

"TNI siap mendukung Polri dalam mengamankan perayaan Natal 2012 ini. Pasukan akan kami tempatkan di 60 gereja, khususnya di wilayah kota Yogyakarta," paparnya.

Di tempat yang sama, Romo Paroki Gereja Katolik Keluarga Hati Kudus Banteng Romo Mikael Walidi MSF saat ditemui mengucapkan terima kasih kepada anggota TNI dan Polri yang telah mempersiapkan diri untuk mengamankan perayaan misa Natal pada 24 dan 25 Desember 2012 besok.

"Saya kira dengan pengamanan seperti ini, umat akan nyaman dalam melakukan ibadat sehingga damai Natal bisa dirasakan tidak saja bagi umat Nasrani, tetapi juga semua manusia di dunia," ujarnya.

Diperkirakan akan ada sekitar 5.000 jemaat yang akan merayakan misa Natal di Gereja Katolik Keluarga Hati Kudus Banteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com