Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ensiklopedia Vulgar Itu Akhirnya Ditarik dari Peredaran

Kompas.com - 18/12/2012, 14:13 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com — Protes dari kalangan masyarakat dan tokoh agama terkait buku ensiklopedia sains dan teknologi akhirnya dipenuhi Dinas Pendidikan Kolaka, Sulawesi Tenggara. Buku yang dituding mengandung unsur pornografi tersebut ditarik secara resmi dari peredaran.

Penarikan ensiklopedia ini dilakukan menyusul surat edaran dari Kantor Wilayah Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara. "Ya, betul sekali, buku-buku ensiklopedia itu kami sudah tarik secara resmi," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kolaka Andi Panguriseng, Selasa (18/12/2012).

Menurutnya, sekolah-sekolah yang mendapati buku seperti itu diharuskan memberikan kepada Dinas Pendidikan. Sekolah-sekolah pun telah disurati agar tidak ada temuan berikutnya.

"Memang dalam surat Kanwil itu bukan hanya di Kolaka, seluruh kabupaten/kota agar menarik buku ensiklopedia dari sekolah masing-masing," ungkapnya.

Andi menjelaskan, saat ini Dinas Pendidikan belum bisa merinci berapa banyak buku tersebut yang beredar di Kolaka. Namun, beberapa sekolah dasar sudah menyetorkan buku tersebut.

"Kami juga harapkan, kalau lain kali ada buku seperti itu terbit harus jelas, apakah untuk murid atau referensi para guru," tambahnya.

Buku ensiklopedia ini menuai protes luar biasa di Kolaka pascapenemuan. Kecaman datang mulai dari DPRD, Kementerian Agama, hingga MUI Kolaka. Dalam buku tersebut terdapat beberapa gambar perempuan dan laki-laki yang telanjang. Hal ini dinilai tidak masuk akal untuk dipelajari oleh anak-anak SD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com