Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Bali Gagalkan Penyelundupan 33 Penyu Langka

Kompas.com - 10/12/2012, 10:29 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Direktorat Polair Polda Bali mengagalkan penyelundupan 33 penyu hijau di Pelabuhan Tanjung Benoa, Bali, Minggu (09/12/2012) tadi malam.

Penyu-penyu yang sebagian usianya mencapai 50 tahun lebih ini diduga kiriman dari Banyuwangi, Jawa Timur. "Kita temukan penyu-penyu ini di sebuah perahu yang ditinggalkan pemiliknya. Kita masih mendalami dari mana asalnya," ujar Kabid Humas Polda Bali, Kombes Hariadi di kantor Polair Benoa, Senin (10/12/2012).

Pagi tadi perahu pengangkut penyu tersebut dipindahkan ke Pelabuhan Benoa dan seluruh penyu dievakuasi di Kantor Polair.

Polisi akan berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk mengkarantina penyu-penyu ini sebelum nantinya dilepas ke habitat asalnya. Untuk sementara penyu-penyu selundupan dititipkan di penangkaran di Pulau Serangan, Denpasar.

Jenis penyu hijau ini merupakan satwa langka yang dilindungi. Diduga penyu ini diselundupkan ke Bali untuk dipasok ke restoran yang menyediakan menu penyu secara ilegal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com