Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Jemaah Haji Masih di Tanah Suci

Kompas.com - 27/11/2012, 18:12 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Tiga haji Debarkasi Padang masih berada di Tanah Suci karena sakit dan belum dapat dipulangkan kendati seluruh kloter asal Debarkasi Padang telah tiba di Indonesia.

Tiga haji tersebut yakni Chairuddin Wahab (65), Muchlis Murad (70), dan Tati Rosmiati (62). Mereka akan dipulangkan jika kondisinya telah dinyatakan sehat, kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang Syamsul Bahri di Padang, Selasa (27/11/2012).

Ia menyebutkan, Chairuddin berasal dari Kabupaten Agam tergabung dalam kloter XVII dan saat ini berada di Jeddah.

Sementara itu, Muchlis Murad yang berasal dari Kota Padang tergabung dalam kloter XVIII, sedang dirawat di Rumah Sakit Uhud Madinah. Turut serta mendampingi  Muchlis  yakni istrinya, Tati Rosmiati, dari kloter yang sama.

Ia mengatakan, pihak keluarga tidak perlu khawatir karena panitia masih berada di Arab Saudi mendampingi dan semua biaya pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Jika telah dinyatakan sehat oleh tim medis, mereka akan segera dipulangkan ke Tanah Air," ujarya.

Terkait proses pemulangan, menurut Syamsul, akan menjadi tanggung jawab Garuda Indonesia dan jika semua haji Indonesia telah sehat akan dipulangkan dengan penerbangan reguler.

Total jamaah haji Debarkasi Padang yang berangkat pada tahun ini berjumlah 7.356 orang, terdiri atas 20 kloter berasal dari Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jambi.

Jumlah jamaah haji yang wafat di Tanah Suci pada tahun ini mencapai 23 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2011 yang hanya 21 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com