Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Solar, Sopir Rela Menginap di SPBU

Kompas.com - 26/11/2012, 16:09 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Sopir-sopir truk mengeluhkan kelangkaan pasokan solar akhir-akhir ini. Mereka pun sampai rela menginap di SPBU demi mendapatkan solar.

Tukirmin (67), sopir truk tujuan Bengkulu-Jakarta, Senin (26/11/2012), bercerita, perjalannya dari Bengkulu ke Bandar Lampung molor hingga lebih dari dua hari akibat sulitnya mendapat solar.

"Sudah semingguan saya jalan dari Bengkulu ke Bandar Lampung. Padahal, normalnya empat hari," kata Tukirmin yang ditemui tengah membeli solar di sebuah SPBU di Bandar Lampung. Perjalanan truk Bengkulu-Lampung, katanya, normalnya empat hari karena harus memutar lewat Lahat yang kondisi jalannya juga banyak rusak.

Tertundanya perjalanan ini akibat ia harus antre membeli solar di SPBU di Bengkulu dan Sumatera Selatan. "Kadang sampai menginap sehari semalam. Kalau tidak begitu, ya tidak dapat solar. Antre lama pun kadang dibatasi," ujar dia.

Akibatnya, biaya perjalanan untuk makan pun membengkak. Namun, celakanya, ongkos yang dia terima dari majikannya tidak naik. "Terpaksa prihatin," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com