Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Haji Jember Sudah Penuh hingga 2024

Kompas.com - 21/11/2012, 18:21 WIB

JEMBER, KOMPAS.com — Kuota calon haji di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun 2013 hingga 2024 sudah habis atau terisi penuh sehingga warga yang akan mendaftar haji mulai pekan ini sudah masuk daftar tunggu tahun 2025.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kementerian Agama Jember Misbahul Munir, Rabu, mengatakan, keinginan dan kesadaran warga Jember untuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu cukup tinggi sehingga setiap tahunnya kuota haji terisi penuh dengan cepat.

"Setiap hari rata-rata sebanyak 50 orang yang mendaftar di Kantor Kemenag Jember untuk menunaikan ibadah haji dan mayoritas pendaftar calon haji adalah petani," tutur Misbahul, Rabu (21/11/2012).

Menurut dia, warga Jember harus menunggu 12 tahun lagi untuk bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah sehingga membutuhkan kesabaran untuk menunggu bisa melaksanakan ibadah haji tersebut.

"Kuota calon haji Jember selalu meningkat setiap tahun seiring dengan meningkatnya jumlah calon haji. Namun, kuota tersebut ditentukan dengan besarnya kuota haji di Jatim," katanya.

Kuota haji Jember tahun 2009 sebanyak 1.923 orang, tahun 2010 sebanyak 1.962 orang, kuota haji tahun 2011 meningkat menjadi 2.287 orang, dan tahun 2012 mencapai 2.321 orang.

"Saya mengimbau warga Jember tidak mudah percaya dengan informasi pihak ketiga yang bisa memberangkatkan calon haji untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut dengan cepat tanpa melalui prosedur yang benar," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data di Kemenag Jember, kuota calon haji khusus (dulu ONH plus) sudah terisi penuh hingga tahun 2016.

Sebelumnya, sebanyak 22 calon haji khusus asal Jember gagal berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini karena belum mendapat izin visa dari Pemerintah Arab Saudi, padahal seluruh calon haji khusus tersebut sudah melunasi biaya keberangkatan paket haji khusus sebesar Rp 77 juta kepada pihak ketiga atau travel ISBIR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com