Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Komodo, Ada Pula Sirup 'Komodo'...

Kompas.com - 13/11/2012, 09:26 WIB
Kontributor Manggarai, Markus Makur

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Berwisata dengan menyusuri jalan setapak di Pulau Komodo dan Pulau Rinca untuk melihat secara langsung binatang langka Komodo merupakan kenikmatan tersendiri. Namun, di sela-sela terik matahari di tengah padang dan hutan belantara Taman Nasional Komodo, pengunjung wajib membawa minum jika tak ingin tersiksa dahaga.

Nah, berbicara soal dahaga, di Labuan Bajo juga ada minuman yang dinamai sirup 'Komodo'. Sirup ini diolah oleh kelompok Putri Duyung di dalam perkampungan Pulau Komodo, Papagarang, Pulau Misah, serta Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Sirup ini memiliki bahan dasarnya dari buah asam yang banyak berada di dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

Sebenarnya aktivitas mmebuat sirup ini sudah lama dilakukan, tetapi selama ini dikonsumsi untuk kebutuhan kelompok atau jika ada yang memesannya. Demikian dijelaskan Ketua Kelompok Ibu-Ibu Putri Duyung, Nurhayati Alwi kepada Kompas.com di sela-sela Festival Pangan Lokal yang diselenggarakan LSM Sunspirit For Justice And Peace bersama dengan Rumah Baku Peduli, serta tujuh kepala desa di dalam Kota Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Sabtu (10/11/2012) lalu.

Nurhayati menjelaskan, selama ini asam dipungut dan dijual di Kota Labuan Bajo atau dikirim ke luar Labuan Bajo. Dengan membaca peluang dan keuntungan dari menjual sirup di Kota Labuan Bajo yang banyak dikunjungi wisatawan, maka kelompok ibu-ibu ini masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo untuk membuat sesuatu yang berasal dari hasil bumi.

Cara membuat sirup komodo ini sesungguhnya sederhana. Asam yang sudah masak dikupas, lalu direndam. Lalu dikupas lagi untuk mengeluarkan bijinya, setelah itu asam dicampur dengan telur ayam kampung, gula merah dan air. Adonan itu lalu dipanaskan selama 12 jam.

Kelompok ibu-ibu ini lalu mempromosikan sirup 'Komodo' saat Festival Pangan Lokal yang pertama kali di lakukan di Manggarai Barat di Kota Labuan Bajo.  Nah, siapapun yang sedang haus, minumlah sirup 'Komodo', dijamin dahaga berganti dengan kesegaran khas. Apalagi jika diminum dalam kondisi dingin...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com