Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 Unit Rumah Murah Dibangun di Balikpapan

Kompas.com - 07/11/2012, 20:40 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com- Setelah setahun tertunda, PT Cipta Griya Sarana Asri (PT CGSA) memutuskan membangun dulu 300 unit rumah, dari rencana 1.000 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah non-pegawai negeri sipil (PNS) di Balikpapan Kalimantan Timur. Harga jual dinaikkan dari Rp 40 juta menjadi Rp 45 juta.

"Kami akan membangun sebanyak 300 unit dulu, dan targetnya 3-4 bulan ke depan sudah jadi. Kami buktikan ke pemerintah bahwa membangun rumah yang harganya terjangkau untuk masyarakat berpenghasilan rendah, bisa dilakukan," ujar Karel Soekma Jaya, Direktur PT CGSA, Rabu (7/11/2012).

Dari 300 unit itu, akan dibangun 100 dulu. Perumahan yang berlokasi di kawasan perbukitan di Balikpapan Timur itu dinamakan Griya Mandiri . Harga jual per unit rumah, terpaksa dinaikkan karena harga bahan material dan tenaga kerja (tukang) naik.

PT CGSA bermitra bersama Bank Bukopin untuk bantuan uang muka dan kredit pemilikan rumah (KPR). Waktu angsuran ditetapkan selama 15 tahun.

"Selama 10 bulan pertama, mereka membayar kredit untuk uang muka, lalu membayar kredit KPR-nya. Ini cara agar pembeli tak terbebani uang muka," jelas Karel.

Sejak rencana pembangunan rumah murah itu diumumkan PT CGSA pertengahan tahun 2011, warga menyambut antusias. Namun karena PT CGSA dinilai tidak mengindahkan sejumlah aturan, Pemkot Balikpapan tak membolehkan rumah yang awalnya dikategorikan rumah murah dan dijual Rp 26 juta -itu dibangun. Adapun perumahan yang dibangun sekarang, menurut Karel, diistilahkan rumah sejahtera praktis-yang masuk kategori rumah sejahtera tapak (RST).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com