Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Penjelajah Dunia Tiba di Yogyakarta

Kompas.com - 07/11/2012, 18:56 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pesawat Dakota DC3 yang pernah melakukan penjelajahan keliling dunia dari Inggris ke Selandia Baru kembali melakukan tapak tilas keliling dunia. Pesawat yang membawa 11 penumpang itu mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Rabu (7/11/2012) sekitar 13.30.

Pesawat Dakota DC3 take off dari Selatan Singapura langsung menuju Bandara Adisutjipto. Setelah dari Yogyakarta, rencananya pesawat yang dipiloti Christian Goezinne ini akan melakukan perjalanan ke Kupang esok hari, Kamis (8/11/2012).

"Ini adalah penerbangan ekspedisi napak tilas. Tujuh puluh enam tahun lalu penerbangan ini pernah dilakukan oleh Jean Batten ," kata Christian saat ditemui Kompas.com di Bandara Adisutjipto.

Jean pernah menjelajah dengan pesawat yang sama dari Inggris ke Selandia Baru selama 11 hari 45 jam. Lamanya penerbangan itu merupakan rekor dunia yang dipecahkannya selama 40 tahun.

Para kru dan penumpang pesawat dalam ekspedisi napak tilas adalah Christian Goezinne (Belanda), Phillipe A Jay (Perancis), Paul Bazeley, (Inggris), Mark Oremland (Hongaria), Faven Serge (Perancis), Leoni Catheline (Perancis), Peter Hill (Inggris), dan Pierre Padovani (Perancis).

Rencananya, seusai istirahat, para kru dan penumpang akan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang. "Borobudur pernah menjadi salah satu situs keajaiban dunia. Karena itu, kami ingin mengunjungi tempat tersebut sebelum besok melakukan perjalanan ke Kupang," ujarnya. (k75-12)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com