Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Seribu Riam Diedukasi tentang Orangutan

Kompas.com - 06/11/2012, 16:22 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Masyarakat Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, mendapatkan sosialisasi tentang orangutan. Edukasi yang dilakukan Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOS) itu dilakukan di dua desa yakni Tumbang Naan dan Tumbang Tohan.

Koordinator Komunikasi Program Reintroduksi Orangutan Kalteng di Nyaru Menteng (PROKT-NM) Yayasan BOS, Monterado Friedman di Palangkaraya, Kalteng, Selasa (6/11/2012), mengatakan, sosialisasi dilakukan untuk mencegah konflik masyarakat dengan orangutan.  

Desa-desa yang dijadikan lokasi sosialisasi berada di sekitar Hutan Lindung Bukit Batikap, Murung Raya . "Bukit Batikap adalah tempat pelepasliaran orangutan," ujar Monterado.

Jarak lokasi pelepasliaran dengan desa-desa itu memang jauh. Namun, daya jelajah orangutan cukup luas sehingga bukan tak mungkin satwa itu bertemu warga desa. "Kami tak tahu, apakah orangutan bisa sampai ke desa tapi di lahan menuju hutan lindung masih terdapat ladang," tutur Monterado.

Karena itu, edukasi dilakukan misalnya untuk memberi tahu warga bahwa orangutan dilindungi. Langkah itu dilakukan karena di berbagai daerah, sudah beberapa orangutan yang datang ke desa, dilukai. Sosialisasi dilakukan secara rutin setiap dua bulan. Lama setiap sosialisasi sekitar dua pekan.  

"Rentang waktu itu sudah termasuk lama perjalanan pergi dan pulang petugas sosialisasi, masing-masing dua hari melalui jalur off road hingga menyusuri sungai," ujarnya. Jumlah peserta sosialisasi setiap kegiatan itu diadakan, sekitar 10 orang dari berbagai lapisan masyarakat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com