Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Susu Bayi, Ibu Mencuri di Swalayan

Kompas.com - 06/11/2012, 09:39 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com — Yulianti, salah satu dari enam tersangka pelaku pencurian di sebuah toko swalayan di Kolaka, Sulawesi Tenggara, mengaku terpaksa mencuri untuk memberi makan anaknya, Dial, yang masih berusia satu tahun.

Di depan aparat penyidik unit III Polres Kolaka, Selasa (6/11/2012), Yulianti mengaku susu yang ia curi semula akan dijual kepada para tetangga yang juga mempunyai bayi dan sisanya akan dipakai untuk anaknya.

"Susu untuk balita itu, kan, lebih dari sepuluh kaleng. Saya rencananya mau jual sama tetangga. Sisanya untuk anak laki-laki saya. Terpaksa seperti ini karena saya janda dan tidak punya pekerjaan. Memang betul saya warga Kota Makassar, teman-teman saya semua juga begitu. Jadi, memang semua barang itu akan kita bawa ke Makassar," ungkap Yulianti

Bersama Yulianti, juga ditangkap lima pelaku pencurian serupa yang tiga di antaranya juga perempuan. Keenam orang itu adalah warga Makassar yang memilih melakukan aksi kriminalnya di Kolaka. Sayang perbuatan mereka terbongkar dan kini harus mendekam di sel tahanan Polres Kolaka.

"Kami, kan, tidak punya keluarga di Kolaka. Nah, beberapa teman saya rencana mau tinggal di Kolaka dan itu butuh biaya," kata Yulianti.

Kelima rekan Yulianti juga membenarkan perkataan Yulianti. Sementara itu Kasat Serse Polres Kolaka Ajun Komisaris Polisi Agung Basuki menekankan kepada penyidiknya untuk terus menggali informasi apakah mereka ini pemain baru atau sudah tergolong spesialis pencuri supermarket dan swalayan.

"Kalau berdasarkan pengakuan dari para tersangka ini, katanya baru pertama kali. Tapi penyidik akan terus mengembangkan. Kita juga akan meminta keterangan dari beberapa pemilik pusat perbelanjaan di Kolaka, apakah mereka sering kehilangan barang atau tidak. Yang jelas kasus ini akan terus dikembangkan," tutur Agung.

Ke enam pelaku pencurian itu adalah Wati, Irmayanti, Yulianti, dan Jamilah, serta Firman dan Jupri. Mereka menyatroni tiga swalayan, yaitu AlfaMart, Alaska, dan Ziolasekaligus, dalam waktu yang bersamaan, Senin (5/11/2012) siang. Selain mengamankan puluhan susu kaleng dan alat kosmetik, polisi juga menyita satu mobil Avanza sebagai barang bukti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com