Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Beralih Cari Emas, Dua Sekolah Tutup

Kompas.com - 04/11/2012, 22:49 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Penemuan tambang emas di kawasan Gunung Botak, Desa Wamsait, Kabupaten Buru, selain membawa berkah bagi masyarakat setempat, ternyata juga membawa petaka bagi ratusan siswa di kabupaten tersebut.

Tercatat dua sekolah di Pulau Buru, yakni SD dan SMK Perikanan di Desa Kayeli, terpaksa berhenti beraktivitas karena para guru di kedua sekolah itu ketagihan menambang emas dan meninggalkan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Alhasil, ratusan murid di dua sekolah tersebut ditelantarkan.

Kondisi ini terungkap setelah anggota DPD RI asal Maluku, Ana Latuconsina, melakukan kunjungan penyerapan aspirasi di Desa Kayeli pekan kemarin. Ia mengungkapkan temuan itu kepada wartawan di Ambon, Minggu (4/11/2012) malam.

Ana mengatakan, sejumlah warga yang ditemuinya menuturkan, siswa di dua sekolah tersebut sudah tidak lagi bersekolah sejak tiga bulan lalu. Para siswa terpaksa hanya tinggal di rumah karena para guru tidak lagi masuk sekolah dan lebih memilih menambang emas.

"Ada juga laporan dari kepala sekolah kalau guru-gurunya sudah tidak lagi mendengar atasannya dan berani meninggalkan tugasnya sebagai pendidik," ungkapnya.

Ana mengakui, kondisi seperti ini tentunya sangat disayangkan karena akan berdampak terhadap dunia pendidikan dan masa depan anak di Pulau Buru. Ia lantas meminta Pemda setempat dapat mengantisipasi masalah tersebut sehingga siswa tidak dirugikan.

"Masalah ini harus dapat ditertibkan. Ini akan sangat berdampak negatif bagi siswa di sana, kasihan sekali, kondisinya sangat memprihatinkan, Pemda seharusnya tegas melihat masalah ini," harap Ana. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com