Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lansia Tak Mau Jadi Beban Pembangunan

Kompas.com - 04/11/2012, 19:17 WIB
Dedi Muhtadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Para lanjut usia (Lansia) ingin terus berkiprah dengan melakukan kegiatan positif dan berbagi pengalaman, baik membantu para Lansia sendiri maupun pembangunan masyarakat. Mereka harus tetap hidup sehat dan sejahtera sehingga tidak menjadi beban pembangunan dan penyebab peningkatan orang miskin.

"Kita terus berusaha agar para lansia menjadi bagian yang positif dalam pembangunan di Jawa Barat. Mereka harus hidup sehat dan sejahtera di sisa penggal usia yang semakin lanjut. Kita tidak ingin para lansia menjadi beban pembangunan ataupun sebagai penyebab peningkatan orang miskin," ujar Ketua Umum Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Jawa Barat HR Nuriana, Minggu (4/11/2012) di Bandung.

Dalam kaitan ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta agar Bupati/Walikota membantu LLI di wilayahnya masing-masing. Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sejak 2008 terus memberikan bantuan kepada LLI Jabar yang nilainya terus bertambah. Bila tahun 2008 bantuan hanya Rp 500 juta, tahun 2009 senilai Rp 600 juta dan tahun 2010 senilai Rp 900 juta. Pada 2011 dan 2012, besar bantuan mencapai Rp 2,2 miliar per tahun. "Ini sekaligus merupakan wujud rasa sayang kepada para orangtua dan sesepuh yang sudah berjasa membangun Jawa Barat," ujar Heryawan di Bandung.

HR Nuriana yang juga mantan Gubernur Jabar menandaskan, pihaknya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas bantuan Gubernur Jawa Barat selama ini. Sehingga kiprah LLI dapat berjalan dan menghasilkan sejumlah kegiatan yang diharapkan membantu para lanjut usia. Apalagi LLI akan terus berkiprah guna meningkatkan peran aktif para lansia dalam bentuk kegiatan terkait peningkatan taraf perekonomian dan kesehatan.

Wujud perhatian Pemerintah tidak hanya di LLI tingkat Provinsi, namun juga di tingkat Kabupaten/Kota, dengan memberikan bantuan kepada 26 LLI di Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, senilai masing-masing Rp 50 juta.

Bantuan itu diharapkan mampu meningkatkan kemampuan, peran dan kesejahterahan para lansia. Pemrov menyadari, masih banyak kebutuhan para lansia yang harus diperhatikan.

Untuk itu sejumlah program dan kebijakan, baik yang langsung terkait maupun bentuk dukungan sudah dijalankan. Diharapkan semua itu mampu meningkatkan kualitas hidup para lansia di Jawa Barat.

"Hari Sabtu (3/11) LLI Jabar sudah melaksanakan musyarah daerah kedua kalinya. Pemprov Jabar," ujar Heryawan berkomitmen terus memberikan dukungan dengan langkah kongkret untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahterahan para lanjut usia secara terpadu dan berkelanjutan.

Pihaknya juga mendukung semua upaya, baik itu dari Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Pusat dalam menempatkan kaum Lansia dalam porsi pembangunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com