Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bom Sisa Perang Dunia II Diledakkan di Magetan

Kompas.com - 01/11/2012, 17:11 WIB

MAGETAN, KOMPAS.com - Empat bom dengan hulu ledak yang diduga kuat sebagai peninggalan perang dunia (PD) II, diledakan di area Gunung Blego, Dukuh Tlatah, Desa Ngaglik, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan oleh personil TNI-AD dari Kodam V Brawijaya dan Korem 081 Madiun, Kamis (1/11/2012).

Peledakan bom dari berbagai jenis dan ukuran itu menjadi tontonan warga setempat. Namun karena sangat berbahaya, warga diminta menonton dari jarak sekitar 200 meter. Informasi yang didapat dari Detasemen Peralatan (Denpal) Madiun, bom-bom tersebut merupakan hasil penemuan di berbagai wilayah. Antara lain,  bom berhulu ledak tinggi yang ditemukan warga di bantaran Kali Mangge, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Lalu amunisi kaliber 155, amunisi kaliber 105 di wilayah Kabupaten Madiun, dan roket 3,5 inchi yang ditemukan di Kabupaten Nganjuk.

Proses peledakan bom itu dipimpin langsung oleh Komandan Denpal Madiun Mayor Kiptono dibantu sekitar 10 personel. Sebelum diledakkan, bom dan amunisi tersebut dimasukkan ke dalam galian sedalam satu meter. Selanjutnya, kabel-kabel sebagai pemicu dihubungkan denga aki. Saat bom-bom itu meledak, getaran di sekitar gunung Blego mencapai radius sekitar 200 meter.

"Alhamdulillah, semua sesuai dengan rencana. Dan warga sekitar yang menonton bisa dengan mudah berkompromi. Artinya, warga nurut ketika diminta menonton dari radius aman," ujar Dandenpal Madiun Kiptono yang dikonfirmasi seusai melakukan peledakan.

Pemusnahan dengan cara meledakan benda berbahaya itu, demi menjaga keamanan bersama. Meski benda-benda itu sangat berbahaya, namun karena diledakan oleh ahli-ahli bom yang dimiliki TNI-AD Kodam V Brawijaya dan Korem 081 Madiun, agenda itu aman tanpa korban akibat peledakan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com