Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom 10 Kg Ditemukan Aparat di Tamanjeka

Kompas.com - 29/10/2012, 08:34 WIB
Reny Sri Ayu

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Satu bom rakitan yang diperkirakan seberat 10 kilogram ditemukan aparat TNI dan polisi, dalam penyisiran di Dusun Tamanjeka Desa Masani, Kecamatan Poso Pesisir, Poso, Minggu (28/10/2012). Bom ditemukan di pondok kebun milik warga setempat.

Belum ada keterangan resmi pihak kepolisian terkait temuan bom itu. Namun informasi yang diperoleh menyebutkan, bom ini ditemukan pada Minggu pagi sekitar pukul 09.00 Wita di pondok kebun milik AS di Gunung Biru.

Bom dibungkus dan disimpan dalam rantang plastik berukuran 20 sentimeter, dikelilingi gotri dari besi beton enam inci. Terdapat pula serbuk pembuat bom memakai baterai 12 volt dan detonator. Berat bom diperkirakan 10 kilogram. Bom itu lalu dibawa ke poskotis untuk diurai.

Kendati belum ada keterangan resmi pihak kepolisian, Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah Ajun Komisaris Polisi Soemarno mengakui, sejumlah bom dan ranjau dipasang di sekitar Tamanjeka.  

Diduga orang-oran g atau kelompok yang saat ini dikejar aparat, menyimpan bom dan ranjau di Tamanjeka dan sekitarnya. "Mereka memang sudah mempersiapkan perlawanan dan bela diri," kata Soemarno.

Hal ini, selain medan yang berat, diakui Soemarno cukup menyulitkan aparat keamanan melakukan penyisiran dan operasi penegakan hukum di wilayah Tamanjeka. Polisi juga cukup kesulitan, karena sebagian warga yang bersimpati melindungi keberadaan orang yang dicari, dan sebagian melindung karena berada di bawah ancaman.

Dusun Tamanjeka adalah target polisi untuk melakukan penyisiran dan operasi penegakan hukum, terkait serangkaian aksi teror dan kekerasan di Poso, termasuk penganiayaan hingga tewas dua anggota polisi Polres Poso. Di dusun ini diduga pelaku dan orang-orang yang terkait jaringan teroris, bersembunyi. Dusun ini juga diduga sebagai tempat pelatihan kelompok pelaku kekerasan.

Dusun Tamanjeka berada di pegunungan yang oleh warga sekitar disebut Gunung Biru (sekitar 2.100 meter di atas permukaan laut), dengan medan jalan yang sulit. Wilayah gunung juga tertutup hutan lebat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com