Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pewarta Foto Kecam Kekerasan terhadap Jurnalis

Kompas.com - 17/10/2012, 15:54 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan Pewarta Foto Indonesia (PFI) menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPRD Provinsi DI Yogyakarta mengecam kekerasan oknum anggota TNI AU terhadap jurnalis di Riau, Rabu (17/10).

"Aksi ini sebagai bentuk solidaritas dan kecaman keras terhadap aksi kekerasan yang dilakukan oleh oknum TNI AU kepada jurnalis di Riau," terang Bram, anggota PFI Yogyakarta.

PFI juga menuntut oknum TNI AU yang melakukan tindak kekerasan terhadap jurnalis di Riau agar ditindak tegas. Kalau perlu oknum tersebut dicopot dari jabatannya sebagai bentuk pertanggung jawaban atas tindakannya.

"Oknum TNI AU yang melakukan tindak kekerasan terhadap jurnalis harus ditindak secara hukum, demi tegaknya keadilan di negara ini," papar Hendro Pleret, anggota PFI lainnya.

Dari gedung DPRD Provinsi DI Yogyakarta, anggota PFI melanjutkan aksinya di Titik Nol Km. Dalam aksinya, PFI juga menampilkan aksi teaterikal yang mengambarkan tindak kekerasan terhadap kerja jurnalis.

"Kerja kami dilindungi undang-undang, karenanya kami mendesak pemerintah dan pihak berwenang untuk mengusut dan menagkap tindak kekerasan terhadap pekerja jurnalis. Semoga bentuk kekerasan terhadap kerja jurnalis tidak terjadi lagi di negara ini," pungkas Hendro.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com