Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat TNI AU Meledak Sebelum Jatuh

Kompas.com - 16/10/2012, 12:26 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Pesawat tempur Hawk 200 milik Skadron Udara 12 TNI AU sempat meledak di udara sebelum akhirnya jatuh, Selasa (16/10/2012) sekitar pukul 09.46 di Desa Pasir Putih, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Menuru Nia (45), warga Bencah Limbat, ia sempat melihat pesawat meledak di atas rumahnya. "Pagi itu saya lagi menyapu halaman, dan saya terkejut mendengar suara ledakan sangat keras di udara. Ketika saya lihat ke atas rupanya pesawat tempur yang meledak," ucapnya.

Lalu pesawat berkursi tunggal itu sempat memutar dan jatuh di halaman panti asuhan. "Sebelum jatuh, saya juga sempat melihat pilotnya terjun payung," kata Nia.

Melihat hal itu, tambah Nia, ia langsung bergegas melihat lebih dekat pesawat yang jatuh itu. "Sesampainya di sana, saya lihat pesawat sudah terbakar dan tidak beberapa lama meledak lagi," ucapnya.

Sesaat setelah kejadian, banyak warga datang melihat. Sekitar setengah jam kemudian datang anggota TNI melakukan pengamanan. "Kemudian tentara itu mengusir warga," ujarnya.

Hingga pukul 11.11 WIB, petugas TNI AU masih mensterilkan lokasi dan pesawat sudah ditutup dengan terpal.

Sebelumnya, Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus menuturkan bahwa pesawat tempur Hawk 200 yang jatuh di Pekanbaru itu sedang melaksanakan misi latihan basic intercept.

"Ada dua pesawat yang terbang dalam latihan. Mereka melaksanakan misi basic intercept. Pesawat single seater ini dipiloti Letda Reza Yori Prasetyo," ujar Azman, Selasa (16/10/2012).

Azman menuturkan, dalam misi pagi tadi dua pesawat melaksanakan latihan tersebut. "Yang pesawat satunya diterbangkan komandannya. Landing dengan mulus," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com