Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Peringati Hari Hak Asasi Hewan

Kompas.com - 14/10/2012, 16:15 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Komunitas-komunitas penyayang satwa di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, memperingati Hari Hak Asasi Hewan (HAH). Lebih kurang 70 orang mengisi kegiatan itu antara lain dengan dengan pameran foto dan hewan, bazar, serta aktivitas edukasi.

Koordinator Kegiatan Peringatan Hari HAH, Muhammad Fikri, di Palangkaraya, Minggu (14/10/2012), mengatakan, acara itu diadakan untuk memperingati Hari HAH yang jatuh pada 15 Oktober 2012. Peringatan dilakukan hari Minggu, karena libur serta bersamaan dengan hari bebas kendaraan yang digelar di Bundaran Besar, Palangkaraya.

Bundaran Besar ramai dikunjungi masyarakat setiap hari Minggu. Komunitas-komunitas yang menyelenggarakan acara tersebut yakni Aliansi Pecinta Satwa dan Lingkungan, Palangkaraya Amphibian and Reptile Lovers, Sahabat Lingkungan Kalteng , dan Palangkaraya Dog Lovers.

Jumlah satwa yang dibawa terdiri dari lima anjing dan hampir 50 reptil. Masyarakat bisa menyentuh hewan-hewan itu. Jenis reptil yang dibawa seperti ular, kadal, biawak, tokek, dan iguana. Para anggota komunitas mengenalkan dan mengampanyekan bahwa he wan-hewan itu tidak menakutkan.

Adapun jumlah foto yang dipamerkan sebanyak 50 lembar. Foto-foto itu menggambarkan hubungan antara hewan dan manusia mulai interaksi positif hingga penyiksaan satwa. Para anggota komunitas juga membagi-bagikan pernak-pernik seperti stiker, aksesoris, dan gantungan kunci.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com