Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Hajar Truk, Tiga Orang Tewas

Kompas.com - 02/10/2012, 15:33 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU, KOMPAS.com - Tiga orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, Selasa (2/10/2012) sekitar pukul 04.00 Wita.

Bus Charisma bernomor polisi DD 7561SZ jurusan Makassar - Palopo menabrak truk enam roda bernomor polisi DD 9474 AH di Jalan Poros Trans Sulawesi tepatnya di Desa Lare-Lare, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Berdasarkan informasi dari Polres Luwu, kecelakan bermula saat bus Charisma yang dikemudikan Allang (25) melaju dengan kecepatan tinggi. Allang tak bisa mengendalikan kemudi saat melihat di depan mobil truk yang dikemudikan Bakri mogok di kanan badan jalan akibat pecah ban.

Bus Charisma dari arah Makassar mengangkut 20 penumpang itu pun langsung menghantam truk tersebut. Akibat tabrakan ini, tiga orang penumpang tewas, satu di antaranya di tempat kejadian, sedangkan dua lainnya tewas saat sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Palopo.

Adapun korban tewas dalam tabrakan ini adalah Allang sopir bus Charisma; Usman (37) manajer Bulog Palopo; Jefry (40) warga Depok, Jawa Barat.

Kapolres Palopo Ajun Komisaris Besar Polisi Rudi Heru Susanto membenarkan adanya kecelakaan maut di Jalur Poros Trans Sulawesi tersebut.

"Akibat kecepatan tinggi, maka sang sopir bus tak mampu mengendalikan busnya, lalu menabrak truk yang terparkir di bibir kanan jalan," kata Rudi, Selasa (2/10/2012).

Rudi menambahkan, sebagian penumpang bus kini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit At-Medika Palopo, karena mengalami luka serius.

Selain kelalaian pengendara karena menjalankan bus dengan kecepatan tinggi, kurangnya penerangan jalan serta sempitnya badan jalan menjadi penyebab kecelakaan di Jalur Trans Sulawesi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com