Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Sumatera Bersepeda Keliling Indonesia

Kompas.com - 23/09/2012, 10:07 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE,KOMPAS.com - Berkunjung keseluruh pulau di tanah air adalah impian warga Indonesia yang berjiwa petualang, seperti halnya Zulkifli Bin Rizal (34) warga Pangkalan Berandan, Langkat Sumatera Utara.

Jiwa petualang pria ini membawanya berkeliling ke penjuru negeri dengan bersepeda. Zulkifli meninggalkan tanah kelahirannya pada 23 September 2010.

Dia memulai perjalanannya dari Sabang kemudian menyeberang ke Batam hingga ke seluruh kabupaten di Sumatera hingga seluruh kota di Pulau Jawa,

Pada 30 Agustus 2012 lalu, Zulkifli akhirnya tiba di Kota Makassar, Sulawesi Selatan untuk memulai perjalanannya di pulau ini. Dan saat ini Zulkifli sudah mencapai Kabupaten Bone.

Di Bone Zulkifli berencana akan menghabiskan waktu hingga satu pekan sebelum melanjutkan perjalanannya ke Kota Sengkang, Kabupaten Wajo,

"Saya mau lihat dan rasakan bagaimana Indonesia dari seluruh suku dan daerahnya dan dari semua tempat yang saya sudah datangi semua masyarakatnya ramah dan sopan betul-betul ini Indonesia sejati," ujar pria yang tumbuh besar di Singapura ini. Minggu, (23/09/2012).

Dalam melakukan petualangannya Zulkifli hanya membawa tas ransel yang berisi beberapa lembar pakaian serta dua kantong plastik berisi perlengkapan makan seperti piring dan gelas.

Saat ditanya soal motifnya melakukan perjalanan jauh ini dia hanya menjawab ingin mengetahui lebih dalam soal Indonesia dan kehidupan masyarakatnya sehari-hari.

Menurut rencana jika sudah 'menaklukkan' Pulau Sulawesi, Zulkifli berencana menyeberang ke pulau Kalimantan serta wilayah Indonesia Timur lainnya hingga ke Merauke dan Atambua yang perbatasan dengan Timor Leste.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com