Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Politik Uang, Aktivis Tutup Mulut Pakai Uang

Kompas.com - 11/09/2012, 15:55 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Batu, Jawa Timur, puluhan aktivis yang tergabung dalam Malang Corruption Watch (MCW) menuntut Pilkada yang akan digelar Oktober mendatang harus bebas dari politik uang (money politic).

Tuntutan itu disampaikan para aktivis MWC saat berunjukrasa di Alun-alun Kota Batu, Selasa (11/9/2012).

"Kita ingin membuat Pilkada di Batu ini bersih. Aksi ini juga sebagai wujud dukungan kepada KPUD dan Panwaslu agar menyelenggarakan Pilkada dengan aman dan lancar," tegas kepala Divisi Advokasi MCW yang juga koordinator aksi, Umarul Faruk dalam orasinya.

Dalam aksi itu, para demonstran selain membawa poster seruan antipolitik uang, juga melakukan aksi menutup mulut dengan uang. Aksi menutup mulut dengan uang itu sebagai simbol menolak politik uang.

"Simbolisasi ini memang untuk menolak politik uang. Harapannya, pihak KPUD segera menyosialisasikan kepada warga untuk menolak money politic," tegasnya.

Ditanya apakah sudah ada indikasi terjadinya money politic, Faruk mengakui belum ada. "Kalau temuan kami, hingga kini belum ada. Gerakan ini hanya untuk antisipasi bagaimana tidak sampai terjadi politik uang. Karena politik uang itu jelas menciderai demokrasi," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com