Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancaman El Nino Bisa Berlangsung hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 28/08/2012, 16:03 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Ancaman El Nino di Indonesia sudah muncul dalam fase lemah, tetapi diperkirakan terus meningkat. Bahkan, terdapat kemungkinan peningkatan itu berlanjut menjadi moderat hingga akhir tahun 2012. Gejala tersebut dapat menimbulkan kekeringan di sejumlah daerah.

Menurut Kepala Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan, Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Heru Widodo di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (28/8/2012), ancaman El Nino diketahui berdasarkan laporan Badan Meteorologi Dunia (WMO).

Gejala itu mulai muncul sejak Juli lalu. Peringatan El Nino diperkuat pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dampak El Nino dapat menyebabkan ancaman kekeringan, bahkan sudah mulai dirasakan di Sumatera, Jawa, dan Kalimantan sejak satu bulan terakhir.

Kondisi itu ditandai munculnya titik panas, dengan jumlah cukup tinggi. Berdasarkan Singapore Weather Information Portal, jumlah titik panas di Sumatera dan Kalimantan mulai meningkat sejak pertengahan Juni 2012. Bahkan, pada akhir Juli 2012 sudah ditemukan hampir 700 titik panas di Sumatera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com