Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rewanda, Tradisi Sesaji bagi Monyet

Kompas.com - 25/08/2012, 12:23 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Ratusan warga mengikuti tradisi sesaji Rewanda di kawasan wisata Gua Kreo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (25/8/2012). Tradisi yang diadakan setiap awal bulan syawal ini mengarak beragam gunungan sesaji seperti buah, sayur dan tumpeng nasi.    

Warga mengusung gunungan melalui jalan desa hingga sekitar kawasan wisata Gua Kreo yang menjadi habitat ratusan kera ekor panjang. Prosesi ini menggambarkan sebuah cerita Sunan Kalijaga ketika mencari kayu jati yang akan digunakan sebagai tiang penyangga masjid.    

Dalam pengembaraan itulah Sunan Kalijaga dibantu empat ekor monyet. Legenda tersebut sampai saat ini terus dipelihara dan dilestarikan warga setempat melalui sebuah prosesi kirab budaya. Selain itu, menjadi agenda tahunan untuk menarik wisatawan berkunjung ke lokasi Gua Kreo.    

Beragam kesenian rakyat ditampilkan untuk memeriahkan acara seperti tari Gambang Semarang dan tari monyet yang diperankan puluhan anak-anak desa setempat.Nantinya sekitar kawasan tersebut juga berfungsi menjadi Waduk Jatibarang yang berpotensi menjadi tempat wisata andalan Kota Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com