Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puntung Rokok Sebabkan Kebakaran Hutan Kelud

Kompas.com - 23/08/2012, 18:27 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com -- Sejak dua hari ini kebakaran melanda hutan lindung kawasan Gunung Kelud tepatnya di petak 148, resor pemangku hutan (KPH) Besowo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kebakaran tersebut diduga akibat puntung rokok yang dibuang oleh pengunjung area wisata gunung Kelud.

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Kediri, Edi Purwanto mengatakan, titik api mulai terlihat pada Rabu (22/8/2012) sore, tepatnya di antara rest area 1 dan rest area 2 jalur menuju puncak Gunung Kelud.

Di lokasi tersebut awalnya ada dua titik api yang berbeda lokasi dan masih relatif kecil sehingga dapat dengan mudah dipadamkan oleh petugas yang mendapat laporan dari warga. Namun karena cuaca dan keringnya dedaunan, Edi menuturkan, pada malam harinya kebakaran kembali melanda.

Karena lokasinya yang sulit dan jauh dari perkampungan, sehingga pemadaman baru dapat dilakukan pada Kamis (23/8/2012) pagi sekitar pukul 04.30 hingga selesai.

"Kini sudah dapat teratasi dan total luas areal yang terbakar sekitar 15 hektar. Perkiraan penyebabnya karena puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengunjung," kata Edi Purwanto, Kamis (23/8/2012).

Akibat kebakaran tersebut, Edi menambahkan, tidak mempengaruhi jumlah wisatawan gunung Kelud. "Pengunjung tidak ada masalah," imbuhnya.

Sementara pihak Perhutani belum mengeluarkan statemen resmi terkait kebakaran tersebut, sehingga belum diketahui jumlah kerugian materil akibat kebakaran hutan yang sebagian besar terdiri dari semak belukar tersebut. Sisa kebakaran kini menjadi tontonan pengunjung Wisata Gunung Kelud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com