Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak yang Ingin Jadi Dokter

Kompas.com - 17/08/2012, 15:18 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com — Fakultas Kedokteran dan Jurusan Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Jember menjadi pilihan favorit untuk menimba ilmu dibangku kuliah untuk masa depan. Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember Rokhani kepada pers di Jember, Jawa Timur, Jumat (17/8/2012), mengatakan, fakultas kedokteran masih menjadi pilihan favorit untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Alam.

Sementara Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi paling banyak diminati untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Siswa yang berminat kuliah di Fakultas Kedokteran melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) undangan sebanyak 1.055 siswa, jalur SNMPTN ujian tulis saat itu sebanyak 1.949 peserta.

Padahal, yang diterima hanya 32 orang untuk SNMPTN dari jalur undangan dan 69 orang dari jalur SNMPTN ujian tulis. Jadi, dirata-rata keketatan peminat di Fakultas Kedokteran Universitas Jember sebesar 3 persen. Artinya, hanya 3 persen yang diterima dari semua peminat sehingga secara umum angka keketatan untuk semua program studi di Universitas Jember ada di angka 14 persen.

Justru minat menjadi dokter gigi berada di urutan ketiga dan masih kalah dari Fakultas Kesehatan Masyarakat untuk kelompok IPA. Peminat Fakultas Kedokteran sebanyak 986 siswa melalui jalur undangan dan 1.417 orang jalur ujian tulis. Fakultas Kesehatan Masyarakat hanya menerima 50 mahasiswa dari jalur undangan dan 129 mahasiswa dari ujuan tulis.

Justru minat mahasiswa menjadi dokter gigi yang melalui jalur undangan 641 orang dan peminat lewat jalur ujian tulis sebanyak 966 orang. FKG Universitas Jember hanya menerima 40 mahasiswa undangan dan 77 mahasiswa dari ujian tulis. "Memang fakultas dari rumpun kesehatan masih menjadi favorit seperti tahun-tahun lalu," tutur Rokhani.

Untuk kelompok IPS, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi paling banyak diminati dibandingkan dengan lainnya, jumlah peminat dari jalur undangan sebanyak 1.001 orang, sementara yang diterima 76 orang. Adapun peminat melalui jalur tulis sebanyak 1.555 orang dan diterima 196 orang.

Setelah itu, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar menempati posisi kedua dengan 756 peminat dari undangan dan 1.067 dari ujian tulis. Universitas Jember memiliki sekitar 15 fakultas dan program studi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com