Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Denpasar Periksa Standar Keamanan Armada Mudik

Kompas.com - 13/08/2012, 16:54 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com -- Polresta Denpasar dan Dinas Perhubungan Kota Denpasar memeriksa standar keamanan sejumlah armada bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik Lebaran di Terminal Ubung, Denpasar, Senin (13/8/2012). Pemeriksaan ini untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kelalaian penyedia jasa transportasi angkutan darat.

"Apa yang dituangkan dalam SOP (Standar Operasional Prosedur, red) pastikan kita lakukan pengecekan, kalau tidak layak jalan, ganti," ujar Kapolresta Denpasar Kombes I Wayan Sunartha usai pemeriksaan.

Komponen penting yang menjadi perhatian pemeriksaan armada bus di Ubung di antaranya surat-surat kendaraan, kondisi fisik kendaraan dan kesehatan pengemudi.

"Bannya gundul pastikan ganti, remnya juga," jelas Sunartha.

Sejauh ini belum ditemukan adanya bus yang tidak layak jalan di Terminal Ubung.

"Sementara kelayakannya sampai saat ini masih kita pantau memenuhi persyaratan. Yang pertama buku uji, izin trayek, SIM, tes kesehatan sopir," jelas Hari Edi, kepala bidang Angkutan Dishub Kota Denpasar.

Pemeriksaan seperti ini akan dilakukan secara berkala demi kenyamanan pemudik selama perjalanan. Jika ada yang tetap jalan meski kondisi kendaraan tidak layak, Dishub akan menindak tegas perusahaan bus termasuk pencabutan izin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com