Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Turun, Pedagang Perhiasan Sepi Pembeli

Kompas.com - 09/08/2012, 13:24 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Kendati harga emas menurun dibandingkan dengan tahun lalu, toko emas di Mataram, Nusa Tenggara Barat, sepi pembeli menjelang Lebaran tahun ini. Penyebabnya diduga karena Lebaran tahun ini bertepatan dengan awal tahun ajaran baru sehingga masyarakat memanfaatkan uang untuk biaya beragam keperluan sekolah anak-anak mereka.

Beberapa pemilik toko emas di Cakranegara, Mataram, Kamis (9/8/2012), menyebutkan bahwa menjelang Lebaran tahun lalu harga emas Rp 510.000 per tiga gram, tetapi warga cukup ramai membeli perhiasan, mencapai 45 orang sehari, yang membeli/memesan perhiasan. Malah mendekati jam tutup toko di sore hari, masih ada pembeli yang datang.

Kini saat harga emas menurun menjadi Rp 485.000 per gram, justru pembeli sepi, hanya satu atau dua orang sehari. "Paling banter tujuh pembeli dari pagi hingga sore hari. Ini dialami hampir semua toko perhiasan emas di Mataram," kata Tio, pemilik Toko Emas Melati di Cakranegara.

Para pemilik toko memaklumi, menurunnya jumlah pembeli diduga kuat penyebabnya adalah warga dihadapkan pada banyaknya kebutuhan, seperti keperluan utama selama Ramadhan dan Lebaran. Selaian itu, sebelum bulan puasa masyarakat dihadapkan pada tahun ajaran baru sehingga dananya tersedot untuk memenuhi biaya pendaftaran dan pakaian seragam sekolah anak-anaknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com