Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendakian Gunung Rinjani Makin Ramai

Kompas.com - 08/08/2012, 12:48 WIB
Khaerul Anwar

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com — Pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 mdpl), Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi pilihan wisatawan asing. Hal itu terindikasi dari meningkatnya kunjungan selama beberapa bulan terakhir setelah kawasan itu ditutup sementara karena cuaca buruk.

"Kunjungan wisatawan ke Rinjani lebih ramai hingga pertengahan tahun ini," kata Mayanto, petugas loket Rinjani Trek Center, Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara, Rabu (8/8/2012).

Setelah ditutup selama empat bulan sejak Desember 2011, kemudian dibuka pada April 2012, jumlah pendaki Rinjani tercatat 862 orang dari mancanegara pada Juli 2012. Angka itu di atas jumlah kunjungan pada Juli tahun lalu yang 400 orang.

Wisatawan yang mendaki lewat pintu barat (Desa Senaru) rata-rata memilih bermalam lebih dahulu di Danau Segara Anak kaldera Rinjani sebelum pendakian. Namun, ada pula yang memilih pintu masuk sebelah timur (Desa Sembalun, Lombok Timur) langsung menuju puncak Rinjani, dengan medan pendakian lebih menantang yang disukai kebanyakan pendaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com