Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Walangsangit Ganggu Warga Shalat Tarawih

Kompas.com - 03/08/2012, 19:27 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com -- Ribuan serangga jenis Walangsangit menyerbu rumah penduduk dan masjid di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Jumat (3/8/2012). Bahkan binatang ini mengganggu warga yang sedang menjalankan shalat tarawih.

Serangan hama padi ini membuat shalat tarawih umat Islam di masjid-masjid terganggu. Kawanan Walangsangit yang muncul tiba-tiba ini menyerbu masuk ke masjid dan rumah warga serta berkumpul mengelilingi lampu yang bercahaya. Setiap rumah atau masjid yang menyalakan lampu tak luput dari serangan Walangsangit.

Di Kelurahan Lantora, Takatidung dan Pekkabata, Polewali Mandar misalnya. Ribuan jamaah masjid mengeluh lantaran sudah tiga malam terakhir, sering diserang Walangsangit setiap malam.

Fenomena itu sangat mengganggu umat Islam yang tengah melaksanakan shalat tarawih berjamaah. Untuk menghindari serangan Walangsangit, warga terpaksa mematikan lampu-lampu dan memilih menutup pintu. Masjid-masjid pun terpaksa mengurangi pencahaayaan agar tidak memancing kawanan Walangsangit.

Salah seorang warga Polewali Mandar, Bohari mengaku heran tiba-tiba kawanan Walangsangit menyerbu pemukiman penduduk dan tempat apa saja yang menyalakan listrik pada malam hari. Agar rumahnya tak kemasukan serangga ini, Bohari memilih tutup pintu rumahnya dan mematikan lampu jalan dan pekarangan rumah.

Suriadi, warga Polewali Mandar lainnya mengaku memilih pulang dari masjid lebih awal lantaran tidak nyaman dengan serangan hama Walangsangit. Padahal Suriadi ingin melaksanakan shalat tarawih secara sempurna. Namun keinginan itu tak tercapai gara-gara Walangsangit.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab serangan ribuan Walangsangit ke pemukiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com