Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topeng Monyet Bikin Heboh Anak-anak Palangkaraya

Kompas.com - 02/08/2012, 11:23 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Sejumlah anak di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, heboh melihat atraksi topeng monyet. Anak-anak itu tertawa dan menjerit-jerit saat monyet berakrobat atau menghampiri mereka.

Soal monyet, di Kalimantan memang banyak. Tapi, kalau monyet didandani dan disuruh mengendarai motor atau otopet mainan, baru kali itu mereka melihatnya.

Di Jalan Mendawai yang panas dan berdebu, seekor monyet dengan panjang sekitar 50 sentimeter memakai baju pebalap. Leher monyet dipasangi kekang dengan tambang kecil berwarna biru. Sesekali topi koboi, topeng boneka, atau helm dikenakan. Di sekelilingnya, sekitar 50 orang berkerumun.

"Horee.. Horee...!," sorak sorai anak-anak membahana melihat aksi sang primata. Giliran monyet berlari ke arah mereka, anak-anak itu langsung berhamburan sambil tergelak.

Seorang anak perempuan menjerit saat roknya ditarik sang monyet. Beberapa anak menggapai-gapaikan tangannya ke arah monyet yang terlihat kebingungan.

Maklum, topeng monyet biasanya hanya ada di Jawa. Seusai pertunjukan sekitar 15 menit, monyet mengikuti pawangnya untuk berkeliling ke arah penonton. Atraksi itu rupanya laris manis. Tak hanya anak-anak, banyak penonton dewasa memberikan uang, rata-rata sebesar Rp 1.000 per orang.

Pertunjukan di samping Pasar Kahayan itu pun berlalu diiringi anak-anak yang tetap berjalan mengiringi sang monyet dan pawangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com