Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benturan dengan Ramadhan, Kegiatan Agustusan Digelar Bulan Juli

Kompas.com - 14/07/2012, 13:06 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Peringatan hari kemerdekaan Republik Indoneisa sudah biasa disemarakkan setiap bulan Agustus, tetapi tidak untuk di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Peringatan kemerdekaan RI yang ke-67 dirayakan lebih awal karena bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Seperti kegiatan lomba pawai untuk tingkat lembaga pendidikan mulai dari SD/SMP dan tingkat SMA/MA/SMK serta tingkat umum dimulai hari ini, Sabtu (14/7/2012).

Ketua panitia kegiatan, Fadilatun Jannah, menuturkan, ada beberapa rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan lebih awal karena bersamaan dengan bulan Ramadhan. "Kami tidak ingin kegiatan agustusan mengganggu kegiatan bulan Ramadhan. Apalagi, agustusan tahun ini bersamaan dengan musim kemarau yang membuat orang cepat lelah yang bisa membatalkan ibadah puasa," ujarnya.

Meskipun digelar di bulan Juli, kegiatan pawai agustusan cukup meriah. Peserta tingkat SD dan SMP menampilkan beberapa kelebihannya masing-masing. Seperti SD Negeri 1 Barurambat Kota tampil dengan pakaian desain batik khas Pamekasan. Tema yang dibawa sekolah ini juga tentang dukungan untuk Kabupaten Pamekasan sebagai Kota Batik.

Selain tampilan batik, kesenian tradisional musik dual khas Pamekasan juga memeriahkan kegiatan tersebut. Wakil Bupati Pamekasan Kadarisman Sastrodiwijo saat membuka acara tersebut menjelaskan, kegiatan pawai merupakan tanda syukur atas kemerdekaan yang sudah diraih bangsa Indonesia melalui perjuangan para syuhada. Dengan demikian, masyarakat Pamekasan saat ini hanya tinggal menikmati kemerdekaan yang sudah didapatkan.

"Kita patut bersyukur dengan kemerdekaan yang sudah kita nikmati saat ini sebab para pejuang dulu sudah mengorbankan segalanya demi kemerdekaan bangsa ini. Tidak hanya jiwa dan raganya, tetapi apa yang melekat pada diri para pejuang, semunya dikorbankan," kata Kadarisman.

Akibat kegiatan ini, arus lalu lintas di beberapa ruas jalan mengalami kemacetan. Akses jalan menuju jantung kota sementara ditutup. Baru pada pukul 11.00 siang arus lalu lintas kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com