Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulog Jatim Jual Beras Bagus Harga Hemat

Kompas.com - 10/07/2012, 14:50 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Menjelang Ramadhan, masyarakat Jawa Timur diupayakan untuk tetap mendapat pasokan beras yang berkualitas. Karena itu, selama 36 hari mulai 13 Juli nanti, Perum Bulog akan menggelar operasi pasar dengan menjual beras premium seharga Rp 7.300/kilogram.

Harga tersebut kata Kepala Divre Jatim, Perum Bulog, Rito Angky Pratomo relatif lebih hemat dari harga pasar yang mencapai Rp 7.700- Rp 8.000/kilogram. ''Operasi pasar ini sebagai upaya memotong rantai distribusi yang menyebabkan semakin tingginya harga beras menjelang puasa,'' katanya, Selasa (10/7/2012).

Pihaknya tidak membatasi berapapun yang diminta konsumen, meskipun beras yang dijual itu dibungkus dalam paket 5 kilogram. Namun Bulog tetap waspada terhadap aksi tengkulak yang membeli beras dalam jumlah besar.

Di Surabaya, operasi pasar akan dilakukan di empat pasar tradisional yakni di Pasar Tambak Rejo, Pucang, Keputran, dan Pasar Wonokromo. Operasi pasar juga dilakukan di sejumlah daerah tepatnya di 13 sub divisi regional seperti Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Malang, Kediri, dan Tulungagung.

Mengenai ketersediaan stok beras untuk konsumsi masyarakat Jatim menjelang puasa dan hari raya, pihaknya sama sekali tidak mengkhawatirkan, karena stok beras saat sampai saat ini diprediksi mampu memenuhi kebutuhan hingga 12 bulan ke depan. ''Untuk stok, Jatim tidak pernah kekurangan. Stok sampai saat ini masih 605,286 ton. Akan aman sampai setahun mendatang,'' tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com