Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan Wali Kota Se-Asia Pasifik di Surabaya

Kompas.com - 09/07/2012, 14:52 WIB
Harry Susilo

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Surabaya menjadi tuan rumah pertemuan kepala daerah se-Asia Pasifik dalam acara bertajuk "Paving the Way Towards Enviromentaslly Sustainable Cities". Acara seminar dan pertemuan antarwali kota yang berlangsung antara 9-12 Juli ini diadakan CITYNET.

CITYNET merupakan organisasi jaringan kerjasama pemerintah daerah se-Asia Pasifik yang bermarkas di Yokohama, Jepang. Surabaya yang menjadi anggota organisasi ini dipilih sebagai tuan rumah sekaligus perayaan 25 tahun CITYNET.

Kepala Bagian Kerjasama Kota Surabaya Ifron Hadi Susanto mengatakan, Surabaya dipilih sebagai tuan rumah oleh para anggota CITYNET karena Surabaya merupakan bagian dari Executive Committee CITYNET dan dinilai berprestasi di bidang lingkungan. "Surabaya dianggap sebagai salah satu kota yang memiliki konsep pembangunan berwawasan lingkungan," ucap Ifron.

Selain seminar dan pertemuan roundtable, para anggota CITYNET juga akan melakukan kunjungan lapangan ke lokasi yang jadi contoh soal pembangunan berwawasan lingkungan, seperti Kampung Green and Clean, Eco Campus, serta penanaman pohon di kebun bibit Wonorejo.

Dalam seminar tersebut, mantan Menteri Perumahan Rakyat Erna Witoelar akan bertindak sebagai pembicara sekaligus ada perwakilan beberapa negara lainnya, seperti Vijay Jagannatan (Bank Dunia), Pedro Ortega (Wali Kota San Fernando), dan ahli-ahli perkotaan lainnya.

Bernardia Irawati, Direktur Program CITYNET, mengakui, dalam pertemuan para peserta CITYNET juga dapat belajar dari Surabaya yang menerapkan "Green and Clean Cities" agar daerah mereka mampu mengelola kota lingkungan lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com