Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masakan Jawa di Selera Indonesia

Kompas.com - 16/06/2012, 14:38 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Tren wisatawan kuliner menggemari masakan khas rumahan ala Jawa, kini berkembang pesat sebagai bisnis rumah makan yang tidak pernah mati. "Masakan khas rumahan seperti sayur lodeh, pepes tahu atau pepes daging, sayur oseng oseng daun pepaya dan sambel goreng ikan teri banyak digemari," kata Haryanto, penggemar kuliner masakan Jawa, Sabtu (16/6/2012) ketika mencoba masakan di rumah makan Selera Indonesia, Jalan Sultan Agung, Semarang, Jawa Tengah.

Menempati bangunan tua dan mengambil nuansa rumahan, RM Selera Indonesia yang digawangi pengusaha sekaligus pecinta Bola, Simon Legiman ini, pengunjung dapat mencicipi aneka masakan khas Jawa. Didesain seolah pengunjung seperti di rumah sendiri, tak heran begitu kita masuk ke rumah makan ini langsung disambut meja besar. Di meja besar inilah semua jenis makanan khas Jawa tersedia mirip sajian prasmanan. Beberapa masaan diwadahi panci dari tanah liat dengan tutup khas daun pisang.

Untuk nasinya tersedia nasi putih organik atau nasi beras merah. Salah satu menu favorit adalah oseng-oseng kikil, buah nangka di gudeg dengan lauk pelengkap rempeyek udang atau ikan teri serta sambel bawang mentah. Untuk memilih aneka macam masakan khas Jawa itu, pengunjung hanya memerlukan waktu 10 menit saja, jika pilihannya tidak rumit, sebelum makanan disajikan di meja dan pengunjung duduk di kursi antik yang tersedia di dalam RM Selesa Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com