Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Ijen Dibuka Terbatas

Kompas.com - 14/06/2012, 14:55 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com -  Setelah ditutup selama tujuh bulan lebih karena aktivitas Gunung Ijen meningkat, kini Kawasan Taman Wisata A lam Kawah Ijen di Bondowoso, Jawa Timur itu sudah bisa dikunjungi. Hanya saja para pengunjung tidak boleh masuk terlalu dalam sampai ke puncak atau kawah, karena sifatnya masih teratas.

Ini diungkapkan Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah III Jatim Sunandar Trigunajasa di Jember, Kamis (14/6/2012). Pengunjung dilarang masuk terlalu jauh dan hanya boleh di beberapa lokasi yang radiusnya sekitar 1 kilometer dari bibir kawah.

Pembukaan kembali kawasan taman wiasata alam oleh BKSDA, kata Sunandar, setelah institusinya menerima surat dari Badan Vulkanolgi. Surat itu menyatakan status Gunung Ijen telah turun, dari siaga level III menjadi waspada level II. Ini data sebelum tanggal 1 Junis.

Diakuinya, meski ada larangan hanya sampai sejauh satu kilometer dari bibir kawah, tetapi para penambang mendesak agar diizinkan mengambil belerang dari bibir kawah.

"Ini persoalan sosial yang pelik dan sulit dipecahkan sendiri, alasannya berkaitan dengan sumber nafkah para penambang yang sudah 7 bulan nganggur. Apalagi, bulan depan sudah memasuki bulan puasa dan bersambung pada lebaran. Beberapa pihak datang dan minta supaya diizinkan menambang. Kami berupaya untuk tetap menghalangi untuk menjaga keselamatan jiwa para penambang," kata Sunandar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com