Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Motor untuk Kawal Korban Lumpur ke Jakarta

Kompas.com - 10/06/2012, 14:56 WIB
Idha Saraswati W Sejati

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Harto Wiyono (42), korban lumpur Lapindo dari Desa Jatirejo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, sengaja mengambil kredit motor untuk mengawal tetangganya yang akan berjalan kaki ke Jakarta. Dengan motor kreditan itu, Harto juga akan membawa perbekalan yang dibutuhkan selama di perjalanan.

"Motornya masih baru, kemarin baru diantar ke rumah," ujar Harto sambil menunjuk motor bebek warna hitam yang diparkir di area tanggul lumpur Lapindo, Minggu (10/6/2012).

Seperti diberitakan, korban lumpur bernama Hari Suwandi (44), akan berjalan kaki ke Jakarta mulai Kamis (14/6/2012) mendatang.

Hal itu ia lakukan untuk mendesak pemerintah dan pemilik Lapindo Brantas Inc, agar segera menyelesaikan segala persoalan yang menjerat korban lumpur. Harto akan mengawal Hari dengan mengendarai sepeda motor.

Harto menuturkan, motor itu ia ambil dengan uang muka Rp 1 juta. Setiap bulan ia harus mengangsur Rp 470.000. "Saya memang mengusahakan ambil kredit motor untuk keperluan mengawal pak Hari," tambahnya.

Sama dengan nasib sekitar 4.000 korban lumpur dari dalam peta area terdampak, sampai saat ini Harto belum menerima pelunasan ganti rugi untuk tanah dan rumahnya yang sudah ditelan lumpur. Dari total pembayaran yang berjumlah sekitar Rp 490 juta, ia baru menerima Rp 87 juta pada tahun 2007 silam.

"Sisanya sama sekali belum dibayar. Sekarang saya ngontrak rumah di Japanan (Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com