Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elpiji 3 Kg Langka, Warga Malang Mengeluh

Kompas.com - 05/06/2012, 15:29 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG,KOMPAS.com - Sudah dua hari lalu, warga di Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengaku kesulitan mencari elpiji 3 kg. Di semua pangkalan elpiji maupun toko-toko yang biasanya menjual elpiji  3 kg tak ada stok. Kalaupun ada, harganya di tingkat pengecer ada yang sampai mencapai Rp 18.000.

Dari pantauan Kompas.com, Selasa (5/6/2012), daerah yang mengalami kelangkaan elpiji adalah di Desa Pringu, Kecamatan Bululawang; Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis; dan wiayah kecamatan Turen, Kabupaten Malang. "Kami cari keliling di beberapa pengecer di daerah Kecamatan Bululawang, sudah habis. Ada, tapi elpiji yang 12 kg," kata Maryam, salah satu warga di Desa Pringu, Kecamatan Bululawang.

Sementara itu, menurut Sales Representative LPG Rayon VI Region V, Wilayah Malang-Banyuwangi, Herdi S Indrawan, pihaknya mengaku, memang mengurangi pasokan elpiji 3 kg pada Mei 2012 lalu. Namun, stok untuk Juni kembali normal. "Untuk bulan ini, kita tambah 105 ribu tabung," katanya.

Menurut Herdi, jumlah pasokan pada bulan Mei, memang dikurangi menjadi 2.298.000 tabung per bulan. Untuk Juni, pasokan ditambah menjadi 2.400.000. "Pengurangan dilakukan, untuk mengendalikan pendistribusian tabung elpiji 3 kg," katanya.

Adapun jumlah yang beredar, katanya, jauh melebihi kebutuhan rata-rata untuk di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu). "Sebab, distribusi elpiji di Malang Raya pada triwulan pertama melebihi 8 persen dari kuota nasional," katanya.

Jika hal tersebut terus terjadi, tambah Herdi, maka subsidi tidak akan cukup hingga akhir tahun. "Jadi, kalau dibilang ada kelangkaan elpiji 3 kg, di wilayah Malang Raya itu tidak benar. Tapi kita akan mengecek ke lokasi-lokasi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com