Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecam Kekerasan, Jurnalis Bakar Kemenyan

Kompas.com - 01/06/2012, 14:47 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com - Beragam ekspresi ditunjukkan para jurnalis dalam memprotes serangkaian aksi kekerasan yang menimpa wartawan saat menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya di berbagai daerah. Di Polewali Mandar, Sulawesi barat, puluhan jurnalis dari berbagai media yang tergabung dalam Koalisi Jurnalis Malaqbi (KJM) Sulbar menggelar aksi bakar kemenyan.

Aksi tersebut dilakukan di jalur lintas barat Sulawesi. Mereka juga mendoakan aparat Marinir dan pelaku kekerasan lainnya agar bertobat dan menyadari bahwa menyelesaikan masalah dengan cara kekerasan hanya akan menanamkan bibiit kebencian di tengah masyarakat. Selain itu, tindakan itupun merupakan pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

Aksi damai yang dipusatkan di perempatan Jalan Andi Depi-Jalan Cenderawasih Polewali Mandar ini dilakukan dengan cara duduk melingkar. Doa bersama dipimpin Usman Padong, salah seorang jurnalis di Polewali Mandar.

Selanjutnya, para jurnalis juga menggelar aksi meletakkan kartu identitas dan peralatan liputan di jalan raya sebagai bentuk protes terhadap segala bentuk kekerasan karena hal tersebut merupakan pelanggaran ham dan demokrasi yang harus dilawan. Mereka juga mendesak pemerintah agar tidak sekadar melakukan lips service dalam menuntaskan kasus-kasus tersebut.

Akibat aksi yang berlangsung selama satu jam ini, arus lalu lintas di Jalur Lintas Barat Sulawesi mengalami kemacetan panajng. Pasalnya, para wartawan menggunakan setengah badan jalan saat menggelar aksi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com