Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajari Konflik, Komisi I ke Ambon

Kompas.com - 22/05/2012, 21:00 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat bertolak ke Ambon, Selasa (22/5/2012) malam, untuk mempelajari berbagai konflik yang terjadi di wilayah itu. Salah satunya bentrokan antarwarga yang terjadi saat peringatan Hari Pattimura ke-195 pertengahan Mei lalu.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin yang menjadi ketua rombongan melalui pesan singkat, Selasa. Tubagus menjelaskan, pihaknya akan bertemu dengan Badan Intelijen Negara di Ambon, tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama, Gubernur, Kepala Polda, Pangdam, Kepala Kejaksaan Tinggi, dan Ketua DPRD.

Sebelumnya, Tubagus mengatakan, bentrokan terakhir di Ambon perlu diwaspadai. Menurut dia, ada pihak-pihak yang ingin memanfaatkan situasi di Ambon. "Ada yang mau memanfaatkan situasi, memancing di air keruh," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Mantan Sekretaris Militer itu mengaku sudah menerima informasi bahwa akan ada kerusuhan sebelum bentrokan terjadi. Ujungnya, berkaitan dengan kepentingan pilkada akhir tahun ini. Informasi itu, tambahnya, terkait penetapan calon kepala daerah yang sama-sama ingin maju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com