Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Endang Diakui sebagai Putra Sikka Kelahiran Jawa

Kompas.com - 02/05/2012, 18:48 WIB
Samuel Oktora

Penulis

MAUMERE, KOMPAS.com — Mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih diakui sebagai sosok putra Sikka kelahiran Jawa. "Beliau adalah putra Sikka kelahiran Jawa yang mampu menjadi menteri. Mengapa demikian, karena beliau di masa awal tugasnya di lingkungan dinas kesehatan langsung bertugas di Sikka. Kehadirannya sangat diterima masyarakat," kata Wakil Bupati Sikka, Wera Damianus, Rabu (2/5/2012), yang dihubungi dari Ende, Flores.

Berselang satu tahun selepas kuliah dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Endang bertugas sebagai Kepala Puskesmas Waipare, Sikka, NTT, tahun 1980-1983. Dalam kurun waktu 26 tahun kemudian, ketika Endang dipilih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai menteri kesehatan tahun 2009, dia pun tak lupa terhadap tempat tugas pertamanya.

Endang langsung melakukan kunjungan kerja ke daerah, dan yang pertama dikunjungi adalah Maumere. Wera mengemukakan pula, Endang merupakan sosok yang baik dan penuh perhatian terhadap masyarakat yang tertinggal, yang mengalami kesulitan di bidang kesehatan.

"Beliau naik kariernya dari desa sehingga beliau mengenal sangat baik kebutuhan masyarakat kecil yang menderita," kata Wera.

Endang telah mengundurkan diri dari posisi Menkes menyusul kondisi kesehatannya yang terus menurun akibat kanker paru-paru. Endang akhirnya meninggal pada Rabu siang pukul 11.41 WIB tadi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com