Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Kota Maluku Utara Lumpuh

Kompas.com - 10/04/2012, 18:35 WIB
Anton Abdul Karim

Penulis

MOROTAI, KOMPAS.com - Aktivitas di Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, Sofifi, lumpuh. Ini menyusul adanya aksi massa menuntut pemekaran Sofifi menjadi kota madya berpisah dari Kota Tidore Kepulauan sebagai daerah induknya.

Aksi massa terdiri dari berbagai elemen masyarakat di empat kecamatan (Oba Utara, Oba Selatan, Oba Tengah dan Kecamatan Oba) dan mahasiswa sejak Senin (9/4/2012).

Massa melakukan pemblokiran di sejumlah tempat umum seperti pelabuhan penyeberangan speed boat dan pelabuhan penyeberangan ferry yang menghubungkan Ibu Kota provinsi itu dengan Ternate.

Sehari sebelumnya, aksi massa melakukan penrusakan di Kantor Gubernur Maluku Utara yang berlokasi di Desa Gusale Puncak.

Kantor Camat Oba juga menjadi bulan-bulan massa dan mengusir para stafnya keluar kantor pada Senin.

Tiga orang warga dilaporkan mengalami luka-luka saat bentrok dengan polisi pada aksi hari pertama itu.

Pada Selasa pagi tadi, aksi massa makin meluas. Sejumlah objek vital seperti pelabuhan penyeberangan dan terminal angkutan umum juga diblokir massa.

Terminal Sofifi merupakan jalur penghubung antar kabupaten di Maluku Utara. Sebab di terminal itu, empat kabupaten sangat bergantung pada jalur transportasi darat yang terpusat di terminal Sofifi.

Ratusan penumpang baik penumpang kapal ferry, penumpang speed boat maupun penumpang angkutan darat, terlantar di terminal Sofifi saat terjadi aksi pemblokiran.

Aksi pemblokiran ini berlangsung hampir dua jam. Salah satu kapal ferry dari Ternate tujuan Sofifi, akhirnya kembali ke Ternate tanpa muatan penumpang karena terjadi aksi pemblokiran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com