Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satpol PP Bentrok dengan Petani Karet

Kompas.com - 21/03/2012, 12:17 WIB
Rini Putri

Penulis

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Petani penggarap PT London Sumatra (Lonsum) bentrok dengan Satpol PP di halaman kantor Bupati Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (21/3/2012) siang. Akibat bentrokan itu sembilan orang anggota Satpol PP mengalami luka-luka di bagian wajah. Mereka umumnya terkena bambu dan kayu yang dibawa oleh massa.

Peristiwa ini terjadi ketika ribuan massa yang datang ke kantor bupati yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman dikepung oleh massa yang memaksa masuk, menerobos penjagaan petugas Satpol PP. Namun, upaya massa untuk masuk dihalau oleh petugas, hingga bentrok tidak terelakkan.

Aksi bentrokan baru dapat dilerai setelah kedua belah pihak mengamankan masing-masing kubu. Kedatangan ribuan petani penggarap PT Lonsum terkait penangkapan dua orang yang ditahan di Mapolres Bulukumba pada Senin (19/03/2012) atas tuduhan peusakan kaca kantor bupati.

Peristiwa itu terjadi di lantai dua ruangan bupati beberapa waktu lalu, saat para petani ini meminta pembebasan lahan yang dikuasai oleh PT Lonsum, karena dianggap telah mengambil tanah masyarkat puluhan tahun silam. 

Sampai saat ini, ribuan massa masih menguasai kantor bupati dengan pengamanan ketat dari sejumlah aparat kepolisian yang dilengkapi dengan peralatan anti huru hara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com