Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Belum Akan Tambah Lapas Anak

Kompas.com - 09/03/2012, 16:24 WIB
M Agus Fauzul Hakim

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com - Di Jawa Timur, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) untuk anak hanya ada satu, yaitu di Blitar. Namun demikian, hingga kini instansi terkait belum ada rencana menambah jumlah Lapas karena akan memperburuk citra kesadaran hukum di masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur, Mashudi mengatakan, penambahan jumlah Lapas tidak akan menyelesaikan masalah jika kesadaran hukum masyarakat tidak ditingkatkan.

Bahkan menurutnya, penambahan jumlah Lapas seakan sebagai bentuk pengharapan agar semakin banyak orang bermasalah dengan hukum. "Harapan saya, Lapas anak cukup satu dan anak-anak yang berhadapan dengan hukum semakin berkurang," kata Mashudi saat kunjungan kerja di Lapas Kelas 2 A Kediri di Kediri, Jawa Timur, Jumat (9/3/2012).

Sehingga saat ini, lanjut Mashudi, yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan fungsi Lapas yang sudah ada dan menekan jumlah pelanggaran hukum yang dilakukan anak-anak. Saat ini ada sekitar 300 anak yang menjadi penghuni lapas anak dengan status tahanan maupun narapidana. Mereka berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kepada mereka, selain diberikan pembinaan, juga diberikan haknya dalam hal pendidikan. "Pendidikannya wajib diberikan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com