Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamil di Luar Nikah, Neneng Sari Dibui

Kompas.com - 29/02/2012, 16:20 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Neneng Sari (28), tenaga kerja Indonesia asal Kampung Krajan, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ditahan oleh aparat hukum Arab Saudi karena hamil di luar nikah. Pihak keluarga berharap pemerintah Indonesia membantu pembebasannya.

Hoerudin (54), wakil keluarga Neneng Sari mengatakan, kepada polisi Neneng dipaksa oleh majikan mengaku hamil di luar nikah. Padahal, Neneng justru menjadi korban pemerkosaan oleh anak majikan. "Sudah diperkosa, dipaksa mengaku berhubungan badan dengan pria di luar nikah, ditahan pula," ujarnya.

Hoerudin menambahkan, sejauh ini belum ada keterangan dari instansi terkait soal nasib Neneng, baik Arab Saudi maupun Indonesia. Kabar terakhir diterima dari Neneng yang menelepon keluarga di Indonesia saat pertama kali mendekam di penjara kepolisian Arab Saudi Desember 2011.

Kini Neneng hamil lebih dari tujuh bulan. Pihak keluarga khawatir dengan kondisi kesehatan Neneng dan janinnya. Keluarga berharap mendapat bantuan untuk membebaskan Neneng dari jeratan hukum. Selain itu juga berharap Neneng bisa kembali ke Indonesia dengan selamat.

Terkait laporan itu, pemerintah Kabupaten Purwakarta berencana memanggil perusahaan yang memberangkatkan Neneng, Kamis (1/3/2012) besok, untuk meminta keterangan. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi menambahkan, pihaknya juga akan mengirim surat ke Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI dan kedutaan besar Arab Saudi untuk meminta klarifikasi.

"Klarifikasi akan ditempuh segera sehingga kami dapat menentukan langkah selanjutnya. Dari perusahaan penyalur, kami berharap dapat penjelasan dan mengorek keterangan dari majikan. Semoga bisa segera selesai," kata Dedi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com