Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Timur Bangka yang Kian Muram

Kompas.com - 25/02/2012, 20:15 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

SUNGAI LIAT, KOMPAS.com - Pariwisata di sepanjang pantai timur Pulau Bangka terancam hancur, seiring maraknya aktivitas tambang timah lepas pantai.

Geliat wisata di pantai-pantai berpasir putih dengan gugus-gugus batu granit berusia ribuan tahun itu, kian lesu sejak beroperasinya kapal-kapal isap dan puluhan tambang apung di lepas pantai kawasan tersebut. Saat ini jumlah wisatawan pun menurun drastis.

Seperti terpantau pada hari Sabtu (25/2/2012) ini, tak satu pun wisatawan terlihat di pantai-pantai di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Keindahan pantai terganggu oleh kegiatan puluhan tambang inkonvensional apung, dan setidaknya tiga kapal isap produksi yang beroperasi sekitar satu mil dari bibir pantai.

Kapal isap dan tambang-tambang apung itu terlihat beroperasi dari Pantai Rebo, Pantai Tikus, hingga Pantai Tanjung Pesona yang merupakan lokasi wisata.

Dari pantai, deru motor isap yang digunakan tambang-tambang timah apung terdengar begitu keras, sehingga debur ombak tak terdengar lagi. Limbah tailing berupa sedimen pasir bercampur lumpur yang dihasilkan, pun terlihat membuat keruh perairan di sekitarnya.

Belum lagi kepulan asap hitam yang membumbung dari tambang-tambang apung itu menodai langit dan laut, yang didominasi warna biru dan putih. 

Di sekitar pantai, aktivitas tambang-tambang timah di darat pun meninggalkan kerusakan lingkungan parah berupa lubang-lubang menganga, di antara pohon-pohon pinus pantai yang masih tersisa.

Pegawai hotel Tanjung Pesona Resort, Tomo (44), mengatakan, jumlah wisatawan di Pantai Tanjung Pesona telah sangat berkurang. Jumlah kunjungan tamu ke hotel tersebut turun hingga 60 persen, sejak kehadiran kapal isap dan tambang-tambang apung sekitar tahun 2007 lalu.

Sebelumnya, jumlah pengunjung hotel yang cukup mewah itu mencapai lebih dari 1.000 orang setahun, kini tinggal sekitar 400 orang setahun. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com