Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspirasi Pembentukan Kabupaten Kimaam Menguat

Kompas.com - 25/02/2012, 16:13 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Aspirasi pembentukan Kabupaten Kimaam, sebagai pemekaran dari Kabupaten Merauke, Papua, semakin menguat. Pembentukan Kimaam juga mendapat dukungan yang semakin luas di Merauke.

Anggota DPRD Merauke asal pulau Kimaam, Dominikus Ulukyanan, menilai, pembentukan Kabupaten Kimaam sangat layak. Pulau Kimaam memiliki potensi perekonomian yang sangat besar yaitu dari sektor perikanan dan pertanian.

"Pendapatan asli daerah sektor perikanan Kabupaten Merauke, penyumbang terbesarnya adalah dari Kimaam," katanya.

Sejumlah tokoh politik dan tokoh masyarakat asal Pulau Kimaam di Merauke, Sabtu (25/2/2012) sore menghadiri peresmian kantor Sekretariat Tim pemekaran dan Pembentukan Kabupaten Kimaam.

Pulau Kimaam yang terpisah dari daratan besar Pulau Papua, berada sekitar 145 mil sebelah barat Kota Merauke. Pulau Kimaam terdiri atas empat distrik yaitu Distrik Kimaam (11 kampung), Distrik Waan (8 kampung), dan Distrik Tamboji (9 kampung), dan juga sebagaian wilayah Distrik Ilawayab.

Wilayah Pulau Kimaam mencapai sekitar 32 persen dari total luas Kabupaten Merauke.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com